Daftar Harga HP Xiaomi Terbaru Juni 2024 (2024)

Beberapa Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Beli HP Xiaomi

Xiaomi merek mana?

Xiaomi merupakan sebuah merek teknologi yang berasal dari Tiongkok dan memiliki kantor pusat di Beijing. Didirikan sejak tahun 2010, Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone terbesar di dunia.

Merek ini sendiri dikenal dengan produk ponsel pintarnya yang penuh beragam teknologi canggih tapi dibanderol dengan harga terjangkau. Selain ponsel pintar, Xiaomi juga merilis beragam produk teknologi lain seperti laptop, tablet hingga alat perabotan rumah tangga seperti vacuum cleaner.

Apakah HP Xiaomi bagus?

HP Xiaomi termasuk salah satu merek smartphone dengan reputasi baik di tanah air. Pasalnya, merek ini menawarkan sejumlah kelebihan seperti:

  • Harga ponsel Xiaomi tergolong terjangkau: Pada umumnya ponsel besutan merk ini memiliki harga cukup murah di kelasnya. Dengan spesifikasi yang sama, Xiaomi mampu menawarkan ponsel yang harganya jauh lebih terjangkau.
  • Hadir dengan MIUI: MIUI ini adalah firmware atau OS berbasis Android yang dibuat oleh Xiaomi. Tampilan antarmukanya mirip dengan iOS milik Apple dan TouchWiz pilih Samsung.
  • Xiaomi merupakan salah satu perusahaan paling berkembang di dunia teknologi: Tahun 2016, perusahaan asal China ini masuk dalam daftar perusahaan paling inovatif, mengungguli berbagai perusahaan teknologi seperti Dell, Intel, dan Huawei. Tentu saja karena disebut sebagai perusahaan inovatif, HP Xiaomi disebut-sebut memiliki value yang tinggi.
  • Desainnya mengikuti zaman: HP yang diproduksi oleh Xiaomi memiliki desain yang selalu mengikuti zaman. Desainnya unik dan elegan, menjadikannya menarik untuk banyak orang.

Apakah HP Xiaomi sama dengan HP dari Redmi?

Xiaomi dan Redmi adalah dua merek ponsel yang dimiliki oleh perusahaan Xiaomi Corporation. Redmi sendiri dikenal sebagai sub brand di bawah Xiaomi yang lebih fokus pada ponsel dengan harga yang lebih terjangkau.

Apa saja seri HP Xiaomi?

  • Mi

Mi merupakan seri ponsel flagship dari Xiaomi yang didukung oleh beragam spesifikasi tinggi. Mulai dari chipset premium, spek kamera utama yang unggul, build quality yang baik, RAM dan memori internal yang tinggi, serta teknologi atau fitur terbaru dari Xiaomi. Dengan keunggulannya tersebut, tidak heran jika rata-rata ponsel di seri ini dibanderol lebih mahal dibandingkan seri lainnya.

Beberapa produk HP Xiaomi yang termasuk dalam seri ini seperti Mi 10, Mi 10 Pro, Mi 10T, Mi 10T Pro, Mi 11, Mi 11 Lite, Mi 11 Ultra, dan lainnya.

  • Mi Mix

Ciri khas lini Mi Mix ada pada desain inovatif dan lebih futuristik. Seri ini pertama kali muncul pada tahun 2016-an dengan menghadirkan ponsel tanpa poni dan bezel yang minim. Tampilan tersebut terlihat tak biasa karena pada tahun tersebut tren ponsel masih memakai desain bezel yang cukup tebal.

Contoh lainnya, pada varian Mi Mix 3, Xiaomi menggunakan desain kamera pop up. Di Mi Mix 3 tersebut, pengguna harus menggeser layar ke arah bawah secara manual untuk mengeluarkan kamera depannya.

Walaupun ciri utama ada pada desain, tapi ponsel di lini ini masih mendapatkan dukungan spesifikasi dan fitur yang cukup premium. Salah satu contohnya pemakaian Snapdragon 800 series yang termasuk chipset flagship.

  • Mi Note

Seri Mi Note merupakan lini khusus yang diproduksi untuk menyaingi ponsel dengan ukuran layar besar seperti Samsung Galaxy Note serta Huawei Mate. Walaupun begitu, Xiaomi sepertinya belum terlalu fokus pada lini ini karena perilisan ponsel yang tidak terlalu rutin setiap tahunnya.

Beberapa produk yang terkenal dari lini ini antara lain Mi Note, Mi Note 3 yang dirilis pada 2017 serta Mi Note 10 Pro. Mi Note 10 Pro sendiri dikenal sebagai perangkat Xiaomi pertama yang memiliki 5 lensa kamera dengan resolusi kamera utama berukuran 108 MP (8P lens).

  • Mi Max

Selain seri Mi Note, Xiaomi juga sempat mencoba peruntungannya dalam memproduksi smartphone dengan ukuran layar besar yakni Mi Max. Dirilis pada tahun 2016, seri Mi Max pertama hadir dengan spesifikasi dan performa cukup oke yakni layar IPS LCD berukuran 6,44 inci, chipset Snapdragon 650 serta kapasitas baterai 4885 mAh.

Meski demikian, lini ini diketahui sudah berhenti diproduksi pada tahun 2019 dengan seri terakhir yakni Mi Max 3 yang dirilis pada 2018 silam.

  • Poco/Pocophone

Poco atau Pocophone awalnya dikenal sebagai seri ponsel untuk pengguna yang mencari smartphone berperforma cepat dan handal tapi masih di kisaran harga yang terjangkau. Awalnya, seri POCO atau Pocophone dijual di bawah Xiaomi. Namun dalam perkembangannya, POCO kemudian dijual sebagai merek terpisah dari Xiaomi.

Salah satu HP Pocophone yang dirilis di Indonesia antara lain Poco F5 dengan layar AMOLED dan kapasitas memori internal 256 GB serta kapasitas baterai 5000 mAh. Ada juga Poco X5 Pro 5G beserta layar AMOLED 1 miliar warna, chipset Qualcomm Snapdragon 778G, NFC, memori internal 128 GB dan 256 GB serta fitur pengisian daya cepat 67W.

  • Black Shark

Black Shark merupakan salah satu seri ponsel gaming premium dari Xiaomi. Selain memproduksi ponsel gaming, Black Shark juga memproduksi berbagai perlengkapan gaming lain seperti earphone dan cooler untuk membuat sebuah ekosistem yang terdiri dari software, hardware serta layanan.

Salah satu produk dari seri ini adalah Black Shark 5 Pro dengan performa ngebut. Spesifikasinya antara lain layar OLED, pengisian daya Hypercharge 120W, lensa kamera utama 108 MP serta kapasitas RAM 8 GB dan 12 GB bersama memori internal 128 GB dan 256 GB.

  • Redmi

HP Redmi merupakan lini ponsel yang dijual dengan harga paling terjangkau dibanding lini lainnya. Hadir dengan dominan varian ponsel di pasar middle dan low end, Xiaomi Redmi sendiri sering disebut sebagai budget phone. Meski terjangkau, tapi seri Xiaomi Redmi juga sudah dibekali spesifikasi yang cukup layak untuk mendukung pemakaian kasual sehari-hari.

Beberapa produk yang termasuk dalam lini Xiaomi Redmi seperti HP Redmi Note 12 Pro serta Redmi A2. Redmi Note 12 Pro hadir dengan kapasitas memori internal 128 GB dan 256 GB, chipset Qualcomm Snapdragon 732G serta memori RAM 6 GB dan 8 GB. Sedangkan Redmi A2 memiliki spesifikasi chipset MediaTek Helio G36, penyimpanan internal 32 GB dan memori RAM 2 GB serta 3 GB.

Apakah HP Xiaomi ada NFC?

Sebagian besar HP Xiaomi saat ini sudah dilengkapi dengan fitur Near Field Communication atau NFC. Namun, perlu dipahami bahwa tidak semua model ponselnya memiliki fitur tersebut. Kalau kamu mencari varian produknya yang sudah mendukung fitur NFC, beberapa yang bisa jadi pertimbangan seperti Xiaomi 12T 5G, Redmi Note 11, Xiaomi 11T Pro, dan Xiaomi Mi 10T Pro.

Apakah HP Xiaomi sudah 5G?

Beberapa seri smartphone Xiaomi sudah mendukung konektivitas jaringan 5G yang lebih ngebut. Contohnya, pada seri Redmi 10 5G, Xiaomi 12 Lite 5G, Poco F4 5G, hingga Xiaomi 12.

Berapa lama masa pakai Xiaomi?

Masa pakai produk HP keluaran Xiaomi tentu saja bisa berbeda-beda, tergantung pada cara pemakaian, perawatan, hingga kondisi dimana ponsel digunakan. Meski begitu, Xiaomi sendiri dikenal dengan kualitas ponsel yang cukup baik di kelas harganya. Jika digunakan dan dirawat dengan tepat, handphone Xiaomi bisa dipakai sekitar 2-5 tahun.

Apakah HP Xiaomi coco*k dipakai bermain game?

Pada dasarnya HP Xiaomi masih bisa dipakai terutama bermain game kasual. Namun performa gaming akan bervariasi tergantung seri dan spesifikasi yang dimiliki. Kalau mencari yang ngebut untuk bermain game berat beberapa opsi yang bisa dipertimbangkan seperti Black Shark 5 Pro, Black Shark 4, Redmi K50 Gaming, Xiaomi 12s Ultra, atau Xiaomi 11T.

Apakah kamera HP Xiaomi tergolong bagus?

Mayoritas kamera HP Xiaomi punya hasil yang tergolong baik di kelasnya. Xiaomi sendiri menawarkan berbagai seri smartphone dengan spesifikasi kamera yang bervariasi di rentang kelas entry-level hingga flagship sehingga kualitas tangkapan gambar yang ditawarkan akan berbeda-beda.

Kalau mencari HP Xiaomi dengan kamera yang bagus, bisa pertimbangkan seperti seri Xiaomi Mi 11 Ultra yang punya kamera utama 50 MP dengan kamera telefoto periskop 48 MP dan kamera ultrawide 48 MP. Selain itu ada juga opsi Xiaomi 13 Ultra yang dibekali empat kamera belakang hasil kerja sama dengan LEICA yang terdiri dari kamera utama, periskop telefoto, telefoto dan kamera ultrawide masing-masing dengan resolusi 50 MP.

Apa itu MIUI di spesifikasi HP Xiaomi?

MIUI merupakan sistem operasi khusus buatan Xiaomi yang awalnya dibuat untuk menyaingi sistem operasi milik iPhone. Keunggulannya ada pada fitur yang kaya serta banyaknya opsi penyesuaian yang tidak tersedia pada OS Android standar

OS MIUI sendiri digunakan pada seluruh lini ponsel Xiaomi seperti Redmi, Poco dan juga Black Shark. MIUI hanya tidak digunakan pada ponsel yang termasuk dalam proyek Android One seperti Xiaomi A1 dan Xiaomi A2.

Apa spesifikasi yang perlu diperhatikan saat memilih HP Xiaomi?

Saat membeli HP Xiaomi terbaru, pastikan untuk memperhatikan beberapa spesifikasi berikut agar kamu tahu apakah ponsel tersebut sudah coco*k dan sesuai dengan kebutuhanmu.

  • RAM

Memori dan kapasitas RAM berperan penting dalam performa ponsel. Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki maka semakin lancar juga kinerja ponsel saat menjalankan aplikasi secara bersamaan ataupun berpindah antar aplikasi.

Untuk kebutuhan menjalankan aplikasi basic yang tidak terlalu sering, RAM 2 GB mungkin sudah cukup, tapi kalau kebutuhan kamu lebih intensif bisa pertimbangkan minimal RAM 4 GB. Nah kalau kebutuhan kamu untuk bermain game atau edit video, setidaknya pilih RAM 8 GB untuk maksimalkan performa.

  • Chipset dan Prosesor

Chipset adalah otak dari smartphone. Semakin baik chipset maka kinerja ponsel pun semakin lancar.

sem*ntara prosesor (CPU) memiliki tugas sebagai pusat data, di mana data tersebut akan dibagi ke dalam beberapa inti berbeda guna memproses informasi yang ada dalam HP. Semakin banyak "core" atau inti yang dimiliki prosesor tersebut, maka semakin cepat juga kinerjanya. Saat ini kebanyakan smartphone sudah menggunakan prosesor octa core bahkan untuk di level HP budget sekalipun.

  • Kapasitas penyimpanan

Semakin besar kapasitas memori internal yang kamu pilih, semakin banyak pula data dan aplikasi yang bisa disimpan di HP Xiaomi tersebut. Xiaomi sendiri biasanya menawarkan varian memori internal pada setiap seri ponselnya. Mulai dari 32 GB, 64 GB, 128 GB, 256 GB dan sebagainya.

Jika pemakaian ponsel tergolong ringan seperti untuk berkomunikasi, maka penyimpanan 32 GB mungkin akan cukup. Namun kalau kamu butuh menyimpan foto, video dan aplikasi, sebaiknya pilih memori internal 64 GB atau 128 GB. Selain itu kalau kamu seorang gamer, fotografer atau konten kreator, bisa pilih memori internal yang lebih besar lagi seperti 256 GB ke atas.

  • Kamera

Selain resolusi kamera, perhatikan juga beberapa aspek lain seperti jenis lensa serta sensor yang dipakai. Untuk mempermudah, kamu bisa cari hasil tangkapan gambar ponsel tersebut dari review pengguna lain. Bandingkan juga beberapa mode pengambilan gambarnya untuk mengetahui kualitasnya sudah sesuai standar yang kamu inginkan atau belum.

  • Layar

Selain ukuran, kualitas layar smartphone akan tergantung pada teknologi, resolusi hingga refresh rate. Misalnya, kalau mencari tampilan gambar dengan warna seperti asli, jenis layar OLED, AMOLED atau Super AMOLED akan lebih baik dibandingkan tipe LCD.

Selain itu, semakin tinggi resolusi layar maka semakin detail pula gambar yang terlihat pada display. Rata-rata smartphone murah sudah menggunakan layar HD. Namun untuk tampilan yang lebih optimal kamu bisa cari resolusi Full HD, 2K, QHD atau bahkan 4K.

Untuk refresh rate, biasanya akan mempengaruhi seberapa mulus pergerakan visual pada layar saat dipakai berpindah antar aplikasi, bermain game, atau menonton video. Rata-rata smartphone menggunakan refresh rate standar 60Hz. Namun untuk tipe HP flagship dan gaming biasanya ada yang menawarkan refresh rate 120Hz hingga 144Hz.

  • Baterai

Untuk pemakaian ponsel yang lebih intensif, direkomendasikan mencari kapasitas baterai 5000 mAh ke atas agar daya tahannya lebih awet. Selain itu lihat juga teknologi pengisian daya.

Teknologi fast charging yang dipakai Xiaomi bervariasi tergantung seri. Ada beberapa ponselnya yang sudah memakai fast charging 33W hingga lebih. Semakin tinggi teknologi pengisian daya tersebut semakin cepat juga kemampuannya mengisi daya baerai ponsel.

Apa kelebihan membeli HP Xiaomi second?

Salah satu kelebihan utama saat beli HP Xiaomi second adalah harganya yang lebih terjangkau. Pas untuk kamu yang mencari ponsel dengan spesifikasi cukup baik tapi punya bujet terbatas.

Membeli ponsel bekas dari Xiaomi juga memberikanmu opsi lebih banyak. Kamu bisa menemukan model-model terdahulu yang mungkin sudah tidak lagi diproduksi. Ini bisa jadi alternatif tepat kalau kamu memang suka ponsel-ponsel keluaran lama untuk dikoleksi.

Meski demikian, saat membeli produk bekasnya, pastikan untuk memilih produk yang masih layak pakai. Dengan begitu, masa pakainya pun jadi lebih lama.

Bagaimana tips beli HP Xiaomi second secara online?

  • Pilih penjual yang terpercaya. Dengan membeli ponsel Xiaomi second dari penjual dengan reputasi yang baik, kualitas produk dan pelayanannya pun jadi lebih aman.
  • Perhatikan kondisi ponsel. Minta penjelasan dari penjual tentang kondisi ponsel bekas yang ditawarkan. Pastikan tidak ada kerusakan fisik yang signifikan. Cek juga tombol, port, hingga suara dan kamera berfungsi dengan normal.
  • Perhatikan spesifikasi sistem operasi ponsel. Pastikan jika ponsel tersebut mendapat dukungan pembaruan sistem operasi sehingga kamu bisa menggunakan fitur dan aplikasi terkini dengan nyaman.
  • Pastikan akun Mi yang terhubung pada ponsel Xiaomi bekas sudah di logout.
  • Perhatikan penawaran harga ponsel yang kamu beli. Cek apakah harga tersebut sudah sesuai dengan kondisi dan spesifikasinya.

Di mana cari penawaran harga HP Xiaomi terbaik?

Kalau kamu mau cari penawaran terbaik untuk perangkat Xiaomi harga bekas maupun baru, langsung saja cek daftar harga yang ada di iPrice. Selain bisa lihat daftar harga HP Xiaomi terbaru, kamu juga bisa membandingkan harga di antara berbagai toko online dengan lebih mudah.

Menemukan penawaran harga ponsel Xiaomi termurah untuk tipe produk HP second maupun barunya pun jadi lebih cepat dan praktis. Tunggu apa lagi? Yuk temukan penawaran harga terbaik melalui iPrice sekarang juga!

Daftar Harga HP Xiaomi Terbaru Juni 2024 (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Rob Wisoky

Last Updated:

Views: 6175

Rating: 4.8 / 5 (68 voted)

Reviews: 91% of readers found this page helpful

Author information

Name: Rob Wisoky

Birthday: 1994-09-30

Address: 5789 Michel Vista, West Domenic, OR 80464-9452

Phone: +97313824072371

Job: Education Orchestrator

Hobby: Lockpicking, Crocheting, Baton twirling, Video gaming, Jogging, Whittling, Model building

Introduction: My name is Rob Wisoky, I am a smiling, helpful, encouraging, zealous, energetic, faithful, fantastic person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.